header-int

TINGKATKAN KEMAMPUAN TOEFL MELALUI WEBINAR

Senin, 28 Feb 2022, 15:35:25 WIB - 250 View
Share
TINGKATKAN KEMAMPUAN TOEFL MELALUI WEBINAR

GENGGONG - Pusat Studi Bahasa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hafshawaty menjalin kolaborasi dengan Tadris Bahasa Inggris Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah). Dua perguruan tinggi ini menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Institusional Testing Program (ITP) pada Minggu, 27 Februari 2022.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa STIKes Hafshawaty dan Universitas Islam Zainul Hasan tentang TOEFL ITP, sehingga mereka bisa melewati passing grade yang ditetapkan oleh kampus sebagai prasyarat lulus kuliah. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 via zoom meeting. Acara ini dipandu oleh kepala Pusat Studi Bahasa STIKes Hafshawaty Eva Sulistiana, M.Pd.

Dua pemateri yang dihadirkan dalam webinar adalah  Kepala Prodi Tadris Bahasa Inggris Universitas Islam Zainul Hasan Beny Hamdani, M.Pd dan Mr. Electro Tobib Muhajir, S.Pd, seorang TOEFL trainer dari Pare. Pemateri pertama memaparkan tentang pentingnya mengambil TOEFL ITP serta menjelaskan strategi dalam menjawab TOEFL untuk listening dan structure.

Sedangkan pembicara kedua Mr. Electro focus pada latihan menjawab soal reading. “Untuk mendapatkan score TOEFL 500, minimal kita harus menjawab 33 soal reading dengan benar,” ujarnya.

Webinar yang awalnya dikhususkan untuk mahasiswa STIKes dan Unzah ini ternyata menarik perhatian dari beberapa kampus lain. Sehingga beberapa akademisi dari kampus luar turut hadir dalam webinar. Beberapa kampus tersebut adalah Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Harapan Bangsa Purwokerto, dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Juga ada akademisi dari Universitas Khairun Ternate, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Riau, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, dan Universitas Negeri Padang.

Dr. Widiana.M.Hum, salah satu peserta webinar dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bertanya tentang kiat-kiat latihan listening. Beny Hamdani, pemateri pertama mengungkapkan, latihan listening yang efektif adalah dengan mendengarkan Native Speaker melalui English TV Channel.

Ketua STIKes Hafshawaty Dr. H. Nur Hamim, SKM., S.Kep.,Ns., M.Kes mengungkapkan pentingnya kegiatan webinar TOEFL ITP. “Melihat antusiasme peserta dari luar, ke depan bisa diagendakan kegiatan serupa. Bukan untuk  mahasiswa saja, tetapi juga untuk guru dan dosen agar membantu peningkatan karir dosen, dan juga membantu mereka dalam memahami International Journal," terang Doktor Hamim.

Sementara Rektor Unzah Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Doktor Aziz, TOEFL ITP merupakan bukti bahwa bahasa Inggris di dua perguruan tinggi penyelenggara sudah sesuai standar. “Di era globalisasi sekarang ini, TOEFL ITP merupakan salah satu faktor pendukung untuk students exchange, bekal untuk mengikuti kompetisi internasional ataupun bekerja di luar negeri,” ungkap Doktor Aziz.  (*)

© 2022 STIKes Hafshawaty Follow STIKes Hafshawaty : Facebook Twitter Youtube