header-int

Kunjungan Asesor LAM-PTKes dalam Asesmen Lapangan Re-Akreditasi Program Studi Sarjana Keperawatan

Senin, 12 Sep 2022, 08:09:34 WIB - 107 View
Share
Kunjungan Asesor LAM-PTKes  dalam Asesmen Lapangan  Re-Akreditasi Program Studi Sarjana Keperawatan

Genggong- STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo mendapat kunjungan atau visitasi dalam rangka Re-Akreditasi Program Studi (Prodi) Sarjana Keperawatan dan dan Profesi Ners pada Rabu 7 - 9 September 2022.

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) mengirim 3 asesor Dr.F Susilaningsih,M.N dari Universitas padjajaran Bandung, Dr.Yani Sofiani,S.Kep.,M.Kep.,Ns.,Sp.KMB dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan I Gede PutuDarma Suyasa,SKp,MNg,PhD dari Institut Teknologi dan Kesehatan Bali, Denpasar.

Para asesor akan melakukan asesmen lapangan berdasarkan 9 kriteria borang akreditasi LAM-PTKes. Sembilan kriteria tersebut adalah  (1) visi misi, tujuan dan strategi, (2) tata pamong, tata kelola dan kerjasama (3) Kemahasiswaan,  (4) sumber daya manusia (5) keuangan sarana dan prasarana,  (6) pendidikan (7)penelitian (8) pengabdian masyarakat dan (9) luaran dan capaian: pendidikan,penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Bertempat di ruang rapat Aula lantai II STIKes Hafshawaty asesmen lapangan tersebut dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan hari pertama merupakan pembukaan. Dalam sambutannya Ketua Senat STIKes Hafshawaty bapak Dr.Abdul Aziz Wahab  berharap Re-Akreditasi tersebut mampu meningkatkan dan menjaga mutu perguruan tinggi secara eksternal.

Ketua STIKes Dr.Hamim menyampaikan bahwa program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners telah melakukan upaya maksimal dalam melengkapi borang Re-Akreditasi 9 kriteria. Beliau berharap upaya yang telah dilakukan akan mendapatkan hasil terbaik. 

Sementara itu perwakilan dari asesor LAM-PTKes Dr.F.Sri Susilaningsih,M.N menyampaikan bahwa para asesor sedang menjalankan tugas dan akan melaksanakan asesmen secara objektif.

 “Tenang, jangan tegang, kami akan memotret  STIKes Hafshawaty secara objektif” , ujar beliau yang disambut dengan senyum seluruh civitas yang hadir dalam ruang rapat.

Kegiatan  dilanjutkan dengan observasi ke berbagai fasilitas kampus mulai dari ruang pimpinan, ruang resepsionist, ruang BEM, Ruang dosen, ruang LPM dan LPPM, ruang Computer Based Test (CBT), ruang kelas, perpustakaan , ruang lab dan ruang Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Hari kedua merupakan wawancara dengan para stakeholder STIKes Hafshawaty dimulai dari Rumah Sakit Moh.Saleh kota Probolinggo kemudian ke  klinik Hoslistic Nursing yang merupakan lahan praktik untuk komplementer berlanjut ke Pusat KEsehatan Masyarakat (Puskesmas) Gending dan Desa Pesisir  Gending yang merupakan desa binaan STIKes Hafshawaty. Setelah peninjauan lahan praktik kegiatan dilanjutkan dengan dengan verifikasi data 9 kriteria.

Kegiatan hari ketiga merupakan penyampaian hasil Asesmen Lapangan (AL) kepada prodi dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara (BA) oleh kaprodi profesi Ners Dodik Hartono, S.Kep.Ns., M.Tr.Kep dan para asesor LAM-PTKes lalu kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a. (*)

© 2022 STIKes Hafshawaty Follow STIKes Hafshawaty : Facebook Twitter Youtube