header-int

Asesmen Lapangan Oleh LAM-PTKes Dalam Rangka Akreditasi Program Studi Sarjana Kebidanan & Pendidikan

Kamis, 22 Sep 2022, 08:20:25 WIB - 106 View
Share
Asesmen Lapangan Oleh LAM-PTKes Dalam Rangka Akreditasi Program Studi Sarjana Kebidanan & Pendidikan

Asesmen Lapangan Oleh LAM-PTKes Dalam Rangka Akreditasi Program Studi Sarjana Kebidanan & Pendidikan Profesi Bidan

Genggong- Program Studi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan STIKes Hafshawaty mendapat kunjungan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Kunjungan tersebut dalam rangka asesmen lapangan. LAM-PTKes mengirim tiga asesor dalam kegiatan tersebut. Tim asesor tersebut adalah ibu Sri Sukamti,AM.Keb.,S.Kep.,M.KM dari Poltekkes Kemenkes Jakarta III, ibu Berty Risyanti,S.ST.,M.Keb dari STIKes Dharma Husada Sri Kustiyati,S.ST.,M.Keb dari Universitas Aisyiah Surakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dimulai dengan acara pembukaan dihari pertama. Dalam sambutannya bapak Ketua STIKes Hafshawaty Dr.Nur Hamim menyampaikan sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan STIKes Hafshawaty. Kemudian beliau menyampaikan pentingnya mutu perguruan tinggi. Lebih jauh beliau menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus mampu mencetak output terbaik.

Ibu Sri Sukamti dalam sambutannya menjelaskan tentang tujuan para asesor. Beliau menyampaikan bawa selama tiga hari para asesor melaksanakan tugas dari LAM-PTKes  untuk memotret mutu STIKes Hafshawaty. Tugas tersebut dilakukan dengan cara memverifikasi Data Kuantitatif Program Studi (DKPS) dan laporan Evaluasi Diri (LED) yg sudah dikirim oleh prodi sarjana kebidanan dan profesi bidan. Beliau turut mendoakan agar kegiatan akreditasi berjalan dengan lancar.

Kegiatan dilanjutkan dengan observasi ke berbagai fasilitas kampus mulai dari ruang pimpinan, ruang resepsionist, ruang BEM, Ruang dosen, ruang LPM dan LPPM, ruang Computer Based Test (CBT), ruang kelas, perpustakaan , ruang lab dan ruang Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Hari kedua merupakan wawancara dosen, tenaga pendidik (tendik),pimpinan  mahasiswa dan stakeholder kemudian dilanjutkan dengan periksaan dokumen 9 kriteria. Kesembilan kriteria tersebut adalah Sembilan kriteria tersebut adalah (1) visi misi, tujuan dan strategi, (2) tata pamong, tata kelola dan kerjasama (3) Kemahasiswaan, (4) sumber daya manusia (5) keuangan sarana dan prasarana, (6) pendidikan (7)penelitian (8) pengabdian masyarakat dan (9) luaran dan capaian: pendidikan,penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan dihari ketiga adalah kunjungan ke lahan praktik dimulai dari Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Moh.Saleh Kota Probolinggo kemudian menuju ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gending dan ke desa Paiton kecamatan Paiton yang merupakan desa binaan. Kegiatan selanjutnya adalah cek dokumen dan penandatanganan Berita Acara (BA) oleh kaprodi profesi bidan ibu Bd.Wahida Yuliana, SSt.M.Keb dan para asesor LAM-PTKes lalu kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a. (*).

 

© 2022 STIKes Hafshawaty Follow STIKes Hafshawaty : Facebook Twitter Youtube