header-int

Profil

Posted by : Administrator
Share

PROFIL STIKES HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN

 

Yayasan Hafshawaty pesantren zainul hasan memiliki 3 institusi Pendidikan Kesehatan yaitu Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan dan STIKES Hafshawaty Zainul Hasan. Akademik Keperawatan didirikan sejak tahun 2002 dengan Ijin operasional Kepmendiknas RI Nomor 201/ D/ O/ 2002, dan Akademi Kebidanan didirikan sejak tahun 2007 dengan ijin operasional 234/ D/ O/ 2007, sedangkan STIKES Hafshawaty Zainul Hasan di dirikan sejak 30 Oktober 2008. Penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan (STIKES) Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional No. 234 /D /O / 2008 tanggal 22 Desember 2008 tentang Pemberian Ijin penyelenggaraan program Studi S1 Keperawatan dan D IV Kebidanan dan pendirian STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong diselenggarakan oleh Yayasan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pada tahun 2014 terselengara Pendidikan profesi Ners dengan ijin Operasional No.265/E/O/2014 STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong mengelola 3 program studi, yaitu: S1 Keperawatan, D IV Kebidanan dan Profesi Ners.

Ketiga institusi Kesehatan yaitu Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan dan STIKES Hafshawaty Zainul Hasan mulai merger pada tahun 2018 dan berganti nama menjadi STIKES HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN (STIKES HPZH) dengan Ijin Operasional Kepmenristekdikti Nomor 106/ KPT/ I/ 2018 pada tanggal 2 Februari 2018.

Saat ini STIKES HPZH telah melakukan pengembangan program Pendidikan dengan menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Bidan (S1 Kebidanan dan Profesi Bidan), Prodi S1 Farmasi Klinik dan Komunitas. Dengan didirikannya Prodi Pendidikan Profesi Bidan pada tahun 2019, maka secara resmi Program Studi D IV Kebidanan di tutup dan diganti menjadi program studi Pendidikan Profesi Bidan pada tahun 2020. Adapun ijin operasional program studi Pendidikan Profesi Bidan yaitu Kepmenristekdikti Nomor 834/ KPT/I/2019 dan Ijin Operasional Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas yaitu Kepmendikbud RI Nomor 191/M /2020.

Hadirnya STIKES HPZH menciptakan alumni yang memiliki daya saing. Hasil tracer studi bahwa lama waktu tunggu lulusan untuk program regular pada seluruh program studi ≤ 3 bulan dan bekerja sesuai bidang ≥ 90%. Sedangkan untuk program alih jenjang, alumni telah bekerja sejak saat menjadi mahasiswa dan melanjutkan studi untuk kepentingan peningkatan jenjang karir. Alumni program reguler berasal dari berbagai provinsi meliputi Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Lombok, NTT, NTB, Sulawesi. Sedangkan Program alih jenjang berasal dari dalam dan luar negeri yaitu seluruh Provinsi Jawa Timur, dan Timor Leste.

Peluang kerja alumni selain di institusi pelayanan meliputi RS, Puskesmas, Klinik, Praktik Mandiri dan Institusi Pendidikan Kesehatan, Juga memiliki peluang bekerja di Luar negeri dengan negara tujuan Taiwan, China, Jepang, Arab dan akan berlanjut Kerjasama dengan Negara Singapura

© 2021 STIKes Hafshawaty Follow STIKes Hafshawaty : Facebook Twitter Youtube