header-int

Mahasiswa STIKes Hafshawaty Belajar Bahasa Inggris Bersama Volunteer Peace Corp Asal USA

Minggu, 16 Des 2018, 13:04:43 WIB - 284 View
Share
Mahasiswa STIKes Hafshawaty Belajar Bahasa Inggris Bersama Volunteer Peace Corp Asal USA

Genggong- Central Language Studies atau Pusat Studi Bahasa (PSB) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hafshawaty menggelar Language Workshop bagi mahasiswa tingkat I pada Sabtu (15/12/2018). Agenda rutin tahunan ini berlangsung di Aula lantai II kampus setempat.

Dalam kegiatan bertema Do You Speak English ini, ketua PSB menghadirkan seorang volunteer Asing asal Peace Corp, USA, Sapphire Carter.

Kesempatan ini tak disia-siakan oleh mahasiswa untuk belajar lebih dalam dan berinteraksi secara langsung dengan orang asing. Suasana pun menjadi cair saat Miss Sapphire memberikan materi berupa permainan dalam belajar bahasa inggris.

Salah satu contohnya, dalam permainan itu miss sapphire meminta salah satu peserta untuk maju kedepan dan tidak boleh menghadap ke papan tulis, lalu miss saphire menuliskan seorang tokoh di papan tulis. Setelah itu, peserta tersebut menebak tokoh yang ditulis dengan bantuan pertanyaan kepada peserta lain, tentunya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, miss Sapphire memberikan beberapa kalimat yang agak sulit pelafalannya dan meminta peserta melafalkan dengan cepat. Sontak hal ini mengundang gelak tawa serta membuat para peserta semakin semangat.

Salah satu peserta, Ayu Ratna mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Menurutnya berinteraksi langsung dengan orang asing menggunakan bahasa Inggris membuatnya semakin percaya diri akan kemampuan berbahasa inggrisnya. "Ya meskipun pelafalannya tidak sesempurna orang inggris asli, setidaknya bisa menirukan walaupun hanya sedikit, ujar mahasiswa prodi D3 kebidanan ini.

Selain mahasiswa, kegiatan ini lanjut diikuti oleh para dosen STIKes Hafshawaty. Materi yang disampaikan kepada dosen merupakan materi yang biasa digunakan oleh dosen saat opening and closing saat menyampaikan perkuliahan. “Tujuannya untuk meningkatkan soft skill para tenaga pengajar dan untuk menunjang visi kita untuk go International,” ujar ketua PSB, Eva Sulistiana.

© 2019 STIKes Hafshawaty Follow STIKes Hafshawaty : Facebook Twitter Linked Youtube