header-int

Kuliah Pakar - Pemanfaatan Terapi Herbal dalam Meningkatkan Imunitas pada Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 01 Sep 2021, 11:38:23 WIB - 62 View
Share
Kuliah Pakar - Pemanfaatan Terapi Herbal dalam Meningkatkan Imunitas pada Masa Pandemi Covid-19

Respon imun terhadap infeksi penyakit adalah mekanisme yang efektif dan efisien terhadap bombardier/serangan patogen yang kita hadapi setiap hari. Tanaman atau tumbuhan (herbal) merupakan bahan atau ramuan yang secara turun temurun telah digunakan masyarakat indonesia baik sebagai pengobatan maupun sebagai pencegahan terhadap suatu penyakit.

Pemanfaatan tanaman atau tumbuhan (herbal) di era pandemi covid-19  sangat bermanfaat sebagai pencegahan yaitu untuk meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh, dan bisa juga digunakan atau sebagai pelengkap obat konvensional yang diberikan pada pasien covid-19 sehingga daya tahan tubuh semakin bagus.

Selain obat-obatan konvensional, sering kali masyarakat disuguhi dengan berbagai informasi yang belum jelas kebenarannya mengenai manfaat bahan tertentu terutama bahan-bahan, tanaman atau tumbuhan (herbal) untuk peningkatan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo mengadakan seminar “Pemanfaatan Terapi Herbal dalam Meningkatkan Imunitas pada Masa Pandemi Covid-19” dengan narasumber tunggal Mardiyono, BNS,MNS, PhD. Beliau adalah Ketua Himpunan Perawat Holistik Indonesia (HPHI).

Pada seminar tersebut, beliau mengatakan bahwa berdasarkan keputusan BPOM, herbal dibagi menjadi 3, yaitu ; Jamu, Obat Herbal Terstandart (OHT) dan Fitofarmaka. Pemanfaatan herbal yang bisa digunakan sebagai Imunomodulator (merangsang mengaktifkan zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh/imunitas) antara lain : jahe, serai, temu lawak, kencur, daun kelor, bawang putih, kunyit, dan masih banyak lagi. Selain dengan herbal, beliau juga menyampaikan bahwa imun bisa meningkat karena kondisi psikolis, antara lain : berpikir positif, senang berbagi, memberikan cinta dan kasih sayang serta ceria/gembira.

Seminar yang dilaksanakan Minggu (29/08/21) mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB ini digelar melalui Zoom dan YouTube oleh Program Studi Sarjana Keperawatan berkolaborasi dengan Himpunan Perawat Holistik Indonesia (HPHI). 

Semoga seminar tersebut bisa memberikan informasi yang akurat tentang pemanfaatan tanaman atau tumbuhan (herbal) karena disampaikan oleh orang yang kompeten dibidangnya serta dapat memberikan manfaat dalam upaya peningkatan daya tahan tubuh guna menangkal berbagai patogen yang ada disekitar kita dalam kehiupan sehari-hari. 

 


Video Terkait :

© 2021 STIKes Hafshawaty Follow STIKes Hafshawaty : Facebook Twitter Youtube