header-int

Hibah PKMM DIKTI Memberikan Sejuta Pengalaman

Senin, 29 Jul 2019, 10:16:39 WIB - 90 View
Share
Hibah PKMM DIKTI Memberikan Sejuta Pengalaman

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (semula Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untukmeningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Banyak yang berpikir menjalankan PKM itu merupakan pekerjaan yang rumit, susah dan memusingkan kepala karena banyaknya informasi yang harus dikumpulkan. Sebenarnya itu hanya sudut pandang dari sesorang yang belum memahami apa itu PKM. Padahal PKM itu memberikan sejuta pengalaman dan membuka cakrawala kita akan seluruh pengetahuan.

Mahasiswa STIKes Hafshawaty Program Studi D3 Keperawatan merasa tertantang untuk mendapatkan Hibah PKM DIKTI maka mahasiswa membuat proposal yang Berjudul " First Aid Training Camp : Membentuk Remaja Desa Siap Siaga Bencana". Alhamdulillah, akhirnya pada bulan Januari 2019 pengumuman penerimaan Hibah PKMM menyatakan Proposal yang telah dikirimkan BERHASIL mendapatkan Hibah dari DIKTI untuk dilaksanakan. Peraih PKMM dari DIKTI tersebut adalah sebagai Berikut:
Pembimbing  : 1. Ainul Yaqin Salam, RN.,MN
                        2. Yulia Rachmawaty Hasanah, RN.,MPH
Ketua            : Puji Affan Dwi Miriyanto
Anggota 1     : Siti Rahayu
Anggota 2     : Ida Ayu Rosyida
Anggota 3     : Titin Putri Rohaniah
Anggota 4     : Linda Rofi'ah

Pelaksanaan First Aid Training Camp dilaksanakan di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Probolinggo. Pelaksanaan Pelatihan First Aid Training Camp dilakukan bersama pembimbing dan remaja Karang Taruna Desa Andungbiru yang sangat antusias mengikuti pelatihan yang dilakukan sebanyak lima kali pertemuan tersebut. Pertemuan pertama mangangkat tema tentang pengantar First Aid dan Triage

Pertemua kedua adalah pelatihan pembalutan dan pembidaian

Pertemuan ketiga adalah pelatihan CPR (CardioPulmonaryy Resuscitation) atau Resusitasi Jantung Paru (RJP)

Pertemuan terakhir adalah teknik evakuasi korban yang dilaksankan dengan metode CAMPING

 


Video Terkait :

© 2019 STIKes Hafshawaty Follow STIKes Hafshawaty : Facebook Twitter Linked Youtube